Search
Generic filters
Exact matches only

Sustainability 17A #28 – Hujan, Kebahagiaan dan Sustainability  

0
3 years ago

Sustainability 17A #28

 

Hujan, Kebahagiaan dan Sustainability  

 

Dwi R. Muhtaman, 

sustainability learner

 

Ketika rintik, lalu hujan tiba, meluncur juga seberkas kegembiraan.  Saya bisa memandang kilau garis-garis bening air yang meluncur seperti balerina.  Dengan sisa cahaya senja, percikan butir hujan itu berkelap kelip berebut terang.  Saya saksikan gemeritik tetesan hujan dari satu daun ke daun berikutnya hingga merebah ke bumi. Kemudian menyusup dalam, ke jantung bumi.  Mengalir lewat lorong-lorong permukaan seperti jalan yang dipahat hingga tiba di tepi sungai. Suaranya gegap gempita karena butir-butir yang saling bersentuhan.  Mereka berebut suara dengan gemuruh halilintar. Suaranya berirama simponi ketika mendentang pada permukaan dedaunan. Sebuah sore basah yang menyenangkan.

 

Hujan adalah kegembiraan.

 

Pada akhir musim panas 1953, Ray Bradbury yang berusia 33 tahun telah menjadi salah satu nama yang paling dikenal luas terkait dengan novel fantasi dan fiksi ilmiah. Debut awalnya pulp fiction yang sukses dengan cerita triloginya: The Martian Chronicles, The Illustrated Man, dan The Golden Apel Matahari. Novel Fahrenheit 451 adalah juga karyanya yang gemilang. Cerita-cerita imajinasinya dimuat pada beberapa antologi antara lain Best American Short Stories dan O. Henry Prize Stories. Dalam waktu kurang dari satu dekade, dia telah menerbitkan hampir 200 cerita profesional.  Buku terbaru yang ditulisnya adalah Yestermorro: Obvious Answers to Impossible Futures (2017).  Ray Bradbury menceritakan soal hujan.

 

Menurut Bradbury hujan di Mars lembut, dan ramah. Terkadang, hujan di Mars berwarna biru. Suatu malam, hujan turun begitu luar biasa di planet keempat dari matahari itu sehingga ribuan pohon bertunas dan tumbuh dalam semalam, menghirup oksigen ke udara. Ketika Ray Bradbury memberi Mars hujan dan suasana layak huni di The Martian Chronicles, puritan fiksi ilmiah mengomel bahwa itu sama sekali tidak masuk akal. Pada abad sebelumnya, para astronom — dan penulis seperti H. G. Wells yang meminjam dari karya mereka untuk memberikan keaslian yang menggiurkan pada fiksi ilmiah — telah melihat Mars sebagai planet favorit yang mirip Bumi untuk kehidupan di planet selain planet kita. Tetapi pada saat The Martian Chronicles diterbitkan pada tahun 1950, peluang itu telah berubah. Para ilmuwan memandang Mars sangat kering, sangat keras — dan terlalu dingin untuk hujan.

 

Bradbury tidak peduli untuk menyesuaikan diri dengan pandangan ilmiah saat itu. Di planet mana pun, dia jauh lebih tertarik pada kisah manusia. Dia juga menciptakan Venus yang basah oleh hujan, tetapi bukan karena para ilmuwan kemudian menganggapnya sebagai rawa galaksi. Bradbury menyukai hujan. Itu cocok dengan kesedihannya seperti sweater wol favorit. Sebagai anak laki-laki, dia menyukai hujan musim panas di Illinois dan hujan yang turun selama liburan keluarga di Wisconsin. Menjelajahi surat kabar di sudut jalan Los Angeles saat remaja, Bradbury tidak pernah keberatan dengan banjir sore hari. Dan dalam delapan puluh tahun menulis setiap hari, tetesan hujan yang disadap dari tombol mesin tik menjadi banyak cerita pendek dan setiap buku.

 

Hujan bagi Bradbury bisa menciptakan pemandangan yang lembut atau menyeramkan. Itu bisa menciptakan suasana hati yang suram, mania, atau gembira. Dalam cerita pendeknya “The Long Rain”, dia menjadikan hujan sebagai karakter tersendiri: “Itu adalah hujan yang deras, hujan yang terus-menerus, hujan yang berkeringat dan mengepul; itu adalah hujan deras, hujan lebat, air mancur, cambuk di mata, arus di pergelangan kaki; itu adalah hujan untuk menenggelamkan semua hujan dan kenangan akan hujan.”  Cynthia Barnett dalam buku Rain: A Natural and Cultural History (2015) yang saya kutip itu tidak berlebihan.  Bagi sebagian orang hujan seperti biasa saja.  Bagi seorang penulis seperti Bradbury hujan begitu hidup.  Sehingga bisa menjadi teman bercengkerama dan menghasilkan karya.  Dan hujan adalah kegembiraan. Meskipun bisa mewujud kegembiraan yang sedih.  Atau kegembiraan yang perih.  Juga tentu kegembiraan yang berbunga-bunga.

 

Dalam catatan Barnett begitu sering menjadikan hujan sebagai mise-en-scène seumur hidup, Bradbury menemukan sesuatu. Semua orang tahu bahwa kehidupan tidak mungkin berkembang tanpa air. Kehidupan seperti yang kita definisikan membutuhkan planet yang basah dan berair. Tapi Bumi sebagai kisah kelereng biru (blue marble) luar biasa- tempat kita semua dibesarkan, dalam beberapa hal, adalah produk imajinasi manusia seperti lautan Mars yang hangat dari The Martian Chronicles. Ilmuwan modern memiliki bukti kuat bahwa Bumi tidak berkembang sebagai satu-satunya bola basah dan berair di tata surya kita. Bumi, Mars, dan Venus lahir dari kumpulan bola api terbang yang sama. Ketiganya memiliki fitur luar biasa yang sama: air.

 

Hal yang luar biasa dari marmer biru (blue marble) kita ini bukanlah karena kita memiliki air. Kita bergantung padanya, dan itu masih kita lakukan. Sementara samudra purba Venus dan Mars menguap ke luar angkasa, Bumi menyimpan air pemberi kehidupannya.

 

Kita beruntung, ramalan cuaca menyerukan hujan.

 

Tetapi tidak jarang hujan menjelma menjadi kepedihan.  Alam memiliki kejeniusannya sendiri. Mengatur dirinya sendiri mencapai keseimbangan diantara begitu banyak komponen yang membentuknya. Ada ribuan, jutaan mungkin milyaran komponen yang membentuknya.  Bayangkan bagaimana rumitnya menjaga keseimbangan dengan begitu banyak komponen yang membentuk apa yang disebut ekosistem. Kepedihan karena bencana adalah cara mencapai keseimbangan.

 

Menurut definisi Tansley (1935), sebuah ecosystem adalah suatu sistem terintegrasi yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi. Penting dicatat dalam definisi ini bahwa ekosistem adalah sistem, yang menyiratkan ia memiliki batas dan kita dapat membedakan antara sistem dan lingkungannya – lingkungan pada prinsipnya berarti seluruh dunia di luar batas sistem.

 

Komponen–biotik serta abiotik– yang sedang berinteraksi berarti mereka terhubung langsung atau tidak langsung. Semua sistem yang membangun interaksi komponen biotik dan abiotik membentuk ekosistem. Setetes air yang tercemar mungkin dianggap ekosistem. Karena mengandung mikroorganisme, bahan organik, dan garam anorganik dan komponen ini berinteraksi. Biasanya penelitian dan pengelolaan ekosistem  tertarik pada area alam yang lebih luas yang dicirikan oleh fungsi dan sifatnya misalnya danau, hutan, atau lahan basah. Ketiganya adalah contoh ekosistem yang memiliki fungsi yang sangat khas dan memiliki beberapa properti unik yang berbeda dari jenis ekosistem lainnya.

 

Hujan sebagai bagian dari ekosistem mempunyai peran tertentu untuk menjaga tetap berlangsung ekosistem tersebut.  Dan itulah yang membuat kehidupan–khususnya manusia– bisa melanjutkan peradaban mereka.  Apa yang terjadi jika hujan berhenti mengalir?

 

Barnett mengungkapkan kisah dari benua di Selatan: India and Pakistan.

 

Di barat laut India dan Pakistan, peradaban awal terbesar di dunia kuno terkubur di bawah pasir keemasan. Tidak seperti makam Mesir atau ziggurats Mesopotamia, sebagian besar kota yang hilang di Lembah Indus orang Harappa belum digali. Naskah misterius mereka belum diuraikan sepenuhnya. Tetapi para arkeolog yang bekerja di kota kuno Harappa dan Mohenjo Daro telah mengungkapkan budaya yang sangat maju di bawah gurun.

 

Hampir 5.000 tahun yang lalu, orang Harappa tinggal di kota-kota terencana dengan tembok, jalan lebar, waduk, dan pekerjaan sanitasi perkotaan pertama. Rumah bata mereka memiliki perapian, sumur, pipa, dan kamar untuk mandi. Lumbung dan reruntuhan pertanian lainnya mengisyaratkan jaringan pertanian dan perdagangan utama yang melayani puluhan ribu orang. Semua kehidupan ini berkembang pesat pada musim hujan dan sungai. Sebagian besar situs Harappa telah ditemukan di sepanjang saluran sungai besar yang diukir di gurun, sekarang sungai hantu hanya terlihat dalam citra satelit. Sekitar 4.000 tahun yang lalu, orang-orang mulai meninggalkan kota-kota maju mereka. Peradaban Harappa perlahan hancur.

 

Sejak kota-kota Lembah Indus yang hilang ditemukan kembali pada tahun 1920-an, para ahli tidak setuju tentang alasan kematian/kehancuran mereka. Teks suci Hindu yang dikenal sebagai Rig Veda, ditulis dalam bentuk awal bahasa Sanskerta yang dimulai sekitar tahun 1750 SM, memiliki petunjuk yang menarik. Rig Veda menggambarkan sungai mitos yang pernah mengalir sejajar dengan Lembah Indus, mengalir dari Himalaya sampai ke Laut Arab. Muncul dalam teks lebih dari tujuh puluh kali, Sungai Saraswati sering diartikan sebagai metafora. Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa itu sebuah petunjuk yang mengungkap lebih banyak hal.

 

Lebih lanjut disebutkan oleh Barnett bahwa dalam beberapa tahun terakhir, penelitian tentang iklim masa lalu di kawasan itu telah menemukan adanya perubahan dramatis dalam pola curah hujan. Mencari di sebuah danau tadah hujan kuno di India utara, ahli paleoklimatologi yang menggunakan penanggalan radiokarbon telah menemukan bahwa 4.100 tahun yang lalu, monsoon musim panas mulai menurun drastis. Mereka tidak kembali normal selama dua abad. Selama dua ratus tahun yang tak terbayangkan, wilayah Harappa hampir tidak pernah turun hujan. Sekitar waktu yang sama di Cina, Mesir, dan Mesopotamia, tiga peradaban paling awal lainnya juga hilang di pasir kering sejarah.

 

Abad tanpa hujan sejalan dengan tidak hanya jatuhnya Mesopotamia dan lenyapnya peradaban Harappa yang perkasa, tetapi juga runtuhnya Kerajaan Lama Mesir di sepanjang Sungai Nil. Di Cina, para ilmuwan mencatat kematian sejumlah populasi Neolitikum, pergeseran dari budaya berbasis pertanian kembali ke pastoralisme, dan penurunan yang mencolok dalam jumlah temuan arkeologi di sepanjang cekungan bawah sungai Yangtze dan Sungai Kuning.

 

Berkali-kali melalui Holocene, seiring hujan turun, begitu pula peradaban. Selama lebih dari sepuluh abad hingga 900 M, Maya berkembang pesat di dataran rendah Amerika Tengah, mencapai populasi hampir sepuluh juta dan bergantung pada pengelolaan air yang rumit di daerah yang rawan kekeringan. Seperti peradaban besar sungai Indus, Tigris-Efrat, Nil, dan Kuning, Maya dapat mengatasi kekeringan yang berlangsung bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun. Tetapi kelangkaan hujan selama tiga ratus tahun — inti dasar danau menunjukkan bahwa curah hujan berlangsung dari 750 hingga 1025 — terbukti sangat mengguncangkan.

 

Jika kekeringan membawa kematian dalam gerakan lambat, kita berpikir bahwa banjir menyiramnya dalam banjir bandang. Dalam banyak kasus, hujan bukanlah elemen yang mematikan dalam banjir; namun angin dan gelombang pasang, kekuatan yang menghanyutkan hingga setengah juta jiwa dalam apa yang diyakini sebagai badai paling mematikan dalam sejarah, Topan Bhola Besar (the Great Bhola Cyclone) tahun 1970 yang menenggelamkan Bangladesh di Teluk Benggala. Badai Mitch pada tahun 1998 adalah salah satu pengecualian besar dari dahsyatnya hujan mengatur kita. Anginnya yang ganas, ombaknya yang mencapai 44 kaki, dan hujan yang mencengangkan menghancurkan wilayah Amerika Tengah yang luas. Pegunungan Honduras dan Nikaragua mengeluarkan curah hujan sebanyak 75 inci dari badai tersebut, yang menciptakan banjir besar dan tanah longsor yang menyapu seluruh desa dan penduduknya. Lebih dari 11.000 orang tewas dan 3 juta lainnya kehilangan tempat tinggal.

 

Namun, seperti kekeringan terburuk, banjir terburuk sering kali terjadi dengan lambat, berlangsung selama beberapa dekade atau abad. Untuk semua warna dan kehidupannya, terlalu banyak hujan untuk waktu yang terlalu lama mengendap dengan kegelapan yang suram: jamur, busuk, dan air banjir yang sepertinya tidak pernah mengalir; berbondong-bondong nyamuk di luar dan demam penyakit di dalam; serba menakutkan.

 

Tanpa hujan dan hujan yang berlebihan adalah sebuah analogi dari ketidakseimbangan yang berakhir pada bencana, bahkan hilangnya sebuah peradaban.  Dalam konteks keberlanjutan atau sustainability maka merawat keseimbangan faktor sosial, lingkungan dan ekonomi adalah sebuah pertaruhan peradaban.  Kebahagiaan bisa dipancarkan dari adanya relasi yang baik antar ketiga faktor tersebut.  Manusia atau masyarakat menggerakkan kebutuhan-kebutuhan dalam kerangka ekonomi dan perkembangan ekonomi ini pada akhirnya harus memenuhi batas-batas ekologi sebagai ekosistem tempat aspek-aspek sosial dan ekonomi bernaung.

 

Sustainability pada dasarnya adalah gagasan yang bukan saja untuk menjamin keberlanjutan peradaban, tetapi juga menciptakan kebahagiaan.  Sustainability is about happiness.  Maka ketika kita merayakan the International Day of Happiness, 20 Maret maka kita merayakan harapan kebahagiaan.   

 

Sejak 2013, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah merayakan Hari Kebahagiaan Internasional sebagai cara untuk menyadari pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Pada tahun 2015, PBB meluncurkan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yang berupaya untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi ketidaksetaraan, dan melindungi planet kita – tiga aspek utama yang mengarah pada kesejahteraan dan kebahagiaan.

 

Tema yang dipilih untuk The 2021 International Day of Happiness adalah Happiness For All Forever.  Ini adalah upaya untuk menyatukan keluarga besar ummat manusia dalam sebuah  common purpose untuk meluaskan dan memajukan kebahagiaan individual, organisasi, komunitas, bangsa-bangsa dan semua masyarakat dalam harmoni dengan alam, dan pada akhirnya mencapai kebahagiaan bagi semua kehidupan di bumi.

Kebahagiaan pada tingkat pribadi dapat membuat hari apa pun menjadi lebih baik dan menambah kesan/manfaat besar dalam hidup kita. Tetapi bagaimana jika kebahagiaan dihargai dalam skala internasional? Bagaimana hal itu akan mengubah cara kerja ekonomi atau bagaimana masyarakat berfungsi?  Hari Kebahagiaan Internasional bertujuan untuk merayakan kebahagiaan di seluruh dunia, menginspirasi orang-orang untuk menyebarkan hal-hal positif, baik besar maupun kecil, dengan orang lain dan mendorong setiap bangsa untuk memprioritaskan kebahagiaan warganya.

 

Sebagai salah satu, jika bukan yang utama, aspek penting dalam kehidupan manusia, tidak mengherankan jika ada filosofi dan diskusi tanpa akhir tentang topik kebahagiaan selama ribuan tahun. Filsuf Yunani Kuno Aristoteles, misalnya, berpendapat bahwa kebahagiaan adalah satu-satunya hal yang dicari manusia di dalam dan dari dirinya sendiri – semua hasrat dan keinginan kita yang lain pada akhirnya berkontribusi pada kebahagiaan kita, sementara kebahagiaan itu sendiri adalah tujuan akhirnya. Dan pada abad ke-18 dan 19, kaum utilitarian seperti Jeremy Bentham dan John Stuart Mill mengembangkan teori etika yang melihat tindakan bajik sebagai tindakan yang memaksimalkan kebahagiaan dan mengurangi penderitaan.

 

Kebahagiaan dapat membawa pendekatan yang lebih adil dan lebih seimbang pada pertumbuhan ekonomi khususnya, seperti hal itu mengedepankan pembangunan berkelanjutan, mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan pribadi dan sosial. Contoh bagusnya adalah negara Bhutan di Asia Timur, yang mengadopsi gagasan Kebahagiaan Nasional Bruto (Gross National Happiness) atas Produk Nasional Bruto pada 1990-an, memprioritaskan kebahagiaan warganya dalam semua keputusan yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. 

 

Hari Kebahagiaan Internasional memiliki sejarah global yang sesungguhnya terkait dengan penciptaannya. Kembali pada tahun 2011, ide tersebut diperkenalkan ke PBB oleh penasihat Jayme Illien. Illien juga mendirikan proyek Paradigma Ekonomi Baru Perserikatan Bangsa-Bangsa dan apa yang disebut ‘happytalism’, yang bertujuan untuk mengubah cara bangsa-bangsa mendekati pertumbuhan ekonomi dengan berfokus pada ‘kebahagiaan’ daripada kapitalisme.

 

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menyetujui proposal tersebut dan secara resmi mendirikan Hari Kebahagiaan Internasional pada bulan Juli 2012, dengan kesempatan tersebut pertama kali dirayakan pada tahun 2013. Perayaan tersebut mengakui betapa pentingnya dan diinginkannya kebahagiaan bagi orang-orang di mana pun dan betapa pentingnya kebahagiaan itu dimasukkan ke dalam kebijakan publik.

 

Pertanyaannya adalah apa yang dimaksud dengan kebahagiaan?

 

Kebahagiaan bisa menjadi konsep yang sulit untuk didefinisikan. Tetapi secara luas itu mencakup dua area utama – bagaimana perasaan kita saat ini dan seberapa puas kita dengan hidup kita secara keseluruhan. Karena itu, kebahagiaan dapat berkisar dari semburan emosi intens yang tiba-tiba seperti kegembiraan atau euforia hingga perasaan puas yang jauh lebih tenang dan mantap.

 

Ada beberapa perdebatan mengenai kedua aspek ini. Untuk mencapai kebahagiaan sejati banyak yang berpendapat bahwa kualitas hidup jangka panjang lebih penting daripada puncak emosional jangka pendek. Orang Yunani Kuno percaya pada konsep eudaimonia (‘kebahagiaan’ atau ‘berkembang’) – di bawah eudaimonia, kebahagiaan dikaitkan dengan kebajikan dan keunggulan, aktivitas atau proses yang berkelanjutan di mana individu memenuhi peran mereka dalam masyarakat untuk kemampuan yang terbaik dari mereka. Berbagai budaya lain juga memandang kebahagiaan sebagai pencapaian kolektif, sesuatu yang harus diusahakan bersama oleh masyarakat. Baru-baru ini, dan khususnya di Barat, fokus telah beralih ke psikologi dan kesejahteraan individu kita sebagai sumber kepuasan.

 

Bagaimana merayakan Hari Kebahagiaan Internasional?

 

Jayme Illien yang juga adalah pendiri Hari Kebahagiaan Internasional ini memberi tips yang bersahaja. Bagikan apa yang membuat Anda bahagia. Luangkan waktu untuk memperhatikan dan menghargai segala sesuatu yang harus kita syukuri. Bahkan hal-hal kecil sekalipun dapat mengangkat suasana hati kita dan membantu kita merasa lebih puas dengan hidup. Dan pikirkan hal-hal itu menjadi kebiasaan rutin.  Hubungan yang berkualitas baik adalah kunci kebahagiaan kita. Gunakan waktu dengan orang yang dicintai dan cobalah untuk membangun kembali hubungan yang sedang mengalami masa sulit. Tip sederhana lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup adalah dengan lebih banyak tidur, jadi mengapa tidak memanjakan diri Anda di malam hari dan bangun dengan perasaan segar.  Organisasi seperti Action for Happiness menyediakan banyak sumber daya hebat yang dapat membawa Anda dalam perjalanan menuju kebahagiaan yang lebih besar.

 

Manusia pada hakikatnya adalah makhluk yang paling bahagia.  Segala kemampuan untuk menjadikannya bahagia tersedia dan mampu diwujudkan. Memang seperti yang ditulis Rutger Bregman: Humankind: A Hopeful History bahwa sejumlah psikolog dan filsuf, pemikir kuno dan modern beranggapan manusia itu jahat. Dalam pemikiran Barat manusia pada dasarnya egois dan diatur terutama oleh kepentingan diri sendiri.

 

Buku International bestseller Rutger Bregman ini memberikan perspektif baru tentang 200.000 tahun terakhir sejarah manusia. Ia membuktikan bahwa manusia itu terprogram untuk kebaikan, diarahkan pada kerja sama daripada persaingan, dan lebih cenderung untuk percaya daripada tidak mempercayai satu sama lain. Nyatanya, naluri ini memiliki dasar evolusi yang kuat sejak awal Homo sapiens.

 

Dari Lord of the Flies kehidupan nyata hingga solidaritas setelah Blitz, kelemahan tersembunyi dalam percobaan penjara Stanford hingga kisah nyata saudara kembar di sisi berlawanan yang membantu Mandela mengakhiri apartheid, Bregman menunjukkan kepada kita bahwa percaya pada manusia kemurahan hati dan kolaborasi tidak hanya optimis – ini realistis.  Kita percaya pada realitas kebaikan dan altruisme umat manusia, kata Bregman. Itulah yang akan menjadi fondasi untuk mencapai perubahan sejati dalam masyarakat.

 

Sebuah penelitian yang dikutip oleh Inc.com ada tujuh kebiasan dari orang-orang terbahagia yang jarang sekali kita lakukan. Menurut penelitian itu kebiasaan ini sangat baik untuk kesehatan dan juga bagi bisnis/kantor Anda.

  1. Mereka memilih kebaikan

Meskipun sebagian besar bos tidak melihat sisi positif apa pun dari kebaikan yang membuat dampak bisnis, riset membuktikan sebaliknya. Penelitian oleh Jonathan Haidt di Universitas New York menunjukkan bahwa ketika rekan kerja melihat rekan kerja saling membantu, hal itu meningkatkan rasa nyaman pada orang tersebut. Ini adalah sesuatu yang disebut Haidt sebagai “elevasi”. Dan saat kita merasa senang dengan melihat tindakan kebaikan, kita cenderung berperilaku baik. Sebaliknya, kebaikan melahirkan kebaikan dan meningkatkan kolaborasi serta produktivitas di seluruh tim.

 

  1. Mereka pemaaf

Memaafkan kesalahan seseorang memungkinkan Anda untuk melihat kesalahan Anda sebagai bagian dari kehidupan yang dapat memberikan pengalaman belajar yang luar biasa dan membantu Anda tumbuh. Penelitian menunjukkan bahwa memaafkan dapat membantu Anda melepaskan dan beralih dari situasi yang menjengkelkan dengan lebih mudah sehingga Anda dapat menikmati hidup sepenuhnya. Ini mencerahkan Anda.

 

  1. Mereka secara alami adalah kepo

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang ingin tahu memiliki hubungan yang lebih baik, terhubung dengan lebih baik, dan lebih senang bersosialisasi. Faktanya, orang lain lebih mudah tertarik dan merasa lebih dekat secara sosial dengan individu yang menunjukkan rasa ingin tahu.

 

  1. Mereka mengungkapkan rasa syukur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa syukur yang dalam dapat meningkatkan tingkat kebahagiaan hingga 25 persen, serta membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Bukti juga menunjukkan bahwa orang yang bersyukur lebih tahan banting dan tidur lebih nyenyak. Untuk memulai dengan menumbuhkan rasa syukur, cobalah latihan tertulis dua menit saja di pagi hari pada tautan ini.

 

  1. Mereka murah hati

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 600 orang Amerika, “kebahagiaan diprediksi oleh jumlah uang yang mereka berikan: Semakin banyak mereka berinvestasi pada orang lain, semakin bahagia mereka.” Sains juga menegaskan bahwa memberi itu baik untuk kesehatan kita dan membangkitkan rasa syukur. Satu laporan Harvard Business School bahkan menyimpulkan bahwa imbalan emosional paling besar adalah ketika kemurahan hati kita terhubung dengan orang lain.

 

  1. Mereka melatih kesabaran

Dalam satu studi tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa orang yang menunjukkan sifat kesabaran yang langka membuat lebih banyak kemajuan menuju tujuan mereka dan lebih puas ketika mereka mencapainya (terutama jika tujuan itu sulit) dibandingkan dengan orang yang kurang sabar. Penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang sabar cenderung mengalami lebih sedikit depresi dan emosi negatif serta dapat mengatasi situasi stres dengan lebih baik. Selain itu, mereka merasakan lebih banyak rasa syukur, lebih banyak hubungan dengan orang lain, dan mengalami perasaan lebih berlimpah.

 

  1. Mereka membuat jurnal rasa syukur

Sains mengatakan Anda benar-benar dapat melatih otak Anda untuk bahagia dan optimis jika Anda membuat jurnal tiga hal setiap hari yang Anda syukuri, dan Anda melakukannya selama 21 hari berturut-turut. Menurut penelitian, ketika Anda meningkatkan tingkat kepositifan, otak Anda bekerja secara signifikan lebih baik daripada pada saat negatif, netral, atau stres, termasuk:

  • Produktivitas naik 31 persen
  • Penjualan meningkat 37 persen
  • Kemungkinan promosi naik 40 persen

 

Gagasan sustainability tidak lain dan tidak bukan dimaksudkan untuk membahagiakan bukan saja manusia tetapi juga alam semesta.  Dan bukan saja kebahagian bagi generasi saat ini, tetapi juga kebahagiaan generasi-generasi yang akan datang.  Kebahagiaan mereka mungkin akan sangat ditentukan dari tingkah laku kita dalam merawat alam tempat kehidupan mereka berlangsung pada waktunya nanti.  Kegagalan kita kini akan menjadi keburukan pada generasi mendatang.

 

Mari melakukan yang terbaik yang kita mampu lakukan.  Apapun itu.

 


 

i Jonathan R. Eller, 2014.  Ray Bradbury unbound.  Urbana, Chicago, and Springfield:  University of Illinois Press

ii Cynthia Barnett, 2015.  “Rain: a natural and cultural history.” New York: Penguin Random House LLC.

iii idem ditto

iv https://www.un.org/en/observances/happiness-day.  Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam resolusi 66/281 tanggal 12 Juli 2012 mengumumkan tanggal 20 Maret sebagai Hari Kebahagiaan Internasional, mengakui relevansi kebahagiaan dan kesejahteraan sebagai tujuan dan aspirasi universal dalam kehidupan manusia di seluruh dunia dan pentingnya pengakuan mereka dalam tujuan kebijakan publik. Ia juga mengakui perlunya pendekatan yang lebih inklusif, adil dan seimbang untuk pertumbuhan ekonomi yang mempromosikan pembangunan berkelanjutan, pengentasan kemiskinan, kebahagiaan dan kesejahteraan semua orang.  Resolusi tersebut diprakarsai oleh Bhutan, sebuah negara yang mengakui nilai kebahagiaan nasional atas pendapatan nasional sejak awal 1970-an dan terkenal mengadopsi tujuan Kebahagiaan Nasional Bruto atas Produk Nasional Bruto. Itu juga menjadi tuan rumah Pertemuan Tingkat Tinggi tentang “Kebahagiaan dan Kesejahteraan: Menentukan Paradigma Ekonomi Baru” selama sesi ke enam puluh enam Sidang Umum.

v https://documents-dds-ny.un.org/doc/UNDOC/GEN/N11/475/68/PDF/N1147568.pdf?OpenElement

vi https://happinessday.org

vii https://www.daysoftheyear.com/days/international-day-of-happiness/

viii https://www.inc.com/marcel-schwantes/7-habits-of-happiest-people-that-most-of-us-rarely-practice.html

ix https://greatergood.berkeley.edu/article/item/wired_to_be_inspired

x https://greatergood.berkeley.edu/article/item/why_curious_people_have_better_relationships?utm_source=Greater+Good+Science+Center&utm_campaign=694ab4495d-GG_EMAIL_CAMPAIGN_2017_05_24&utm_medium=email&utm_term=0_5ae73e326e-694ab4495d-50942075

xi https://www.inc.com/marcel-schwantes/want-to-be-much-happier-starting-tomorrow-practice-this-1-habit-rarely-found-at-work.html

xii https://greatergood.berkeley.edu/article/item/5_ways_giving_is_good_for_you

xiii https://www.hbs.edu/ris/Publication%20Files/aknin%20dunn%20sandstrom%20norton_ecebf8d6-171f-484e-b4b5-1939bf2b5d8c.pdf

xiv https://greatergood.berkeley.edu/article/item/four_reasons_to_cultivate_patience

xv https://www.inc.com/marcel-schwantes/want-to-be-happier-science-says-do-these-5-simple-things-every-day.html

1.
avatar
Latin Digital
127000 points
Dark mode